9 Sikap Pak Jokowi Membuat Dunia Beranggapan Indonesia Mulai Bangkit

Leangle.Net - Pak Jokowi yang banyak dicaci maki sebagai presiden RI beliau tetap menjalankan tugasnya dan perlahan-lahan mulai membuat mafia di Indonesia waspada.Kini beliau mulai menunjukkan kemampuan dan kehebatannya hingga membuat dunia mulai khawatir dan waspada Indonesia bisa bangkit kembali dari keterpurukan dengan sistem pemerintahan yang beliau ciptakan.

Sejatinya pemimpin walaupun memiliki penasehat dan bawahan belum tentu bisa berjalan apa yang direncanakan karena sifat manusia yang serakah ada yang haus akan kekuasaan, harta dan wanita.Kadang kala pada setiap pertemuan kepala daerah beliau mengingatkan

Seringlah lihat ke bawah, lapangan, temui rakyat tegur mereka.Karena mungkin banyak hal telah terencana dengan baik tapi tetap tidak menjamin semua sempurna.Banyak penghalang dan mafia di negeri ini

Dunia juga melihat tindak tanduk Pak Jokowi dalam memimpin pemerintahan dan dianggap cukup tegas dalam hal yang dianggap krusial bagi para mafia dan jalan masuk bisnis gelap mereka termasuk narkoba.Berikut 10 sikap Jokowi yang membuat dunia mulai berpikir Indonesia akan bangkit.

1. Pak Jokowi Tegas Menolak China Mengklaim Pulau Natuna


Presiden Jokowi menegaskan kisruh di Laut Cina Selatan setelah lima bulan menjabat.Indonesia merupakan salah satu negara yang dirugikan karena aksi China Menggambar sembilan titik wilayah baru di kepuauan Natuna, Riau.Jika dilihat sekilas perairan kaya gas itu terkesan masuk wilayah kedaulatan China.Menurut menteri luar negeri klaim China melanggar zona ekonomi eksklusif RI.

Indonesia sudah mengajukan keberatan atas sembilan titik pada 2009 ke komisi Landas Kontinen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).Adapun hubungan China - RI relatif masih baik dalam isu laut china selatan.dibandingkan dengan sengketa yang terasa antara China - Vietnam atau China - Filipina.

Dasar China mengambil titik pun didasarkan pada klaim mereka atas kepulauan Spratly.Pulau ini masih dalam status sengketa dengan Filipina dan Vietnam.Bila China bisa lebih arif ketika menghadapi sengketa Laut China Selatan,menurut Jokowi.

2. Perekonomian Indonesia Ditakuti di Asean 

Banyak masarakat Indonesia yang khawatir mengahadapi pasar bebas yang notabenenya keterbukaan Masyarakat Ekonomi Asean.Tapi nyatanya sebenarnya negara tetangga waspada dengan dengan ekonomi Indonesia.

Setidaknya itulah informasi yang diterima beliau presiden Jokowi.Banyak yang khawatir menghadapi Singapura, Malaysia, Brunei dan lainnya.Saya ketemu kepla negara di Asean waktu di Brisbane Australia, Singapura dan Beijing apa yang mereka buka bahwa mereka juga takut.Mereka juga takut sama kita."kata Pak Jokowi saat menerima delegasi pengurus DPP himpunan pemuda pengusaha Indonesia (HIPMI) di Istana Jakarta Senin (6 April 2015 lalu).



Karena itu Jokowi mengajak semua pelaku usaha di tanah air untuk percaya diri menghadapi MEA akhir 2015 lalu.Bila MEA sudah diberlakukan Indonesia harus membuka arus masuk barang dan jasa dari negara-negara tetangga tanpa ada batasan.

Jokowi yakin sebenarnya banyak pengusaha muda yang mampu menembus pasar internasional.Mantan walikota Solo pun mencontohkan usaha di bidang online yang sedang giat-giatnya sekarang ini lewat munculnya startup dan ecommerce di Indonesia.

3. Langkah Tegas Jokowi Dalam Memberantas Narkoba Ditakuti Dunia

Kita bisa lihat langkah tegas PakJokowi dalam menolak grasi untuk bandar narkoba yang harus kita apresiasi.Ketegasan tersebut menunjukkan Pak Jokowi cukup serius dalam hal narkoba di tanah air.Pak Jokowi beralasan penolakan ini merupakan bentuk shock therapy kepada para pelaku kejahatan narkoba.Yang mana grasi yang ditolak pada umumnya sebagian besar adalah bandar yang perbuatannya dan kelompoknya dianggap merusak generasi penerus bangsa ini.

Hingga kini kejaksaan agung sudah menetapkan enam terpidana mati kasus narkoba yang lima diantaranya warga asing dari dan satu dari Indonesia. Eksekusi pun dilakukan di dua tempat di Lapas Nusakambangan Cilacap dan Boyolali.



4. Gerak Cepat Jokowi Dalam Memberantas Teroris

Presiden Jokowi banyak mendapat pujian dari beberapa pimpinan dunia yang memuji respon cepat dan tentara indonesia serta aparat terkait dalam menaggapi serangan teroris di Thamrin Jakarta Pusat lalu.Walaupun merenggut tujuh nyawa yang lima diantaranya pelaku teroris tersebut.


Dingkapkan bahwa Pak Jokowi menerima beberapa telpon dari kepala negara dan kepala pemerintahan dari Malaysia,perdana menteri Australia, Raja Arab saudi dan kanselir Jerman.Bahkan menteri luar negeri mengatakan bahwa beliau sudah menerima banyak ucapan yang terakhir dari Kanada dan juga Singapura.

Disini dunia internasional intinya memuji kecepatan Indonesia hanya dalam waktu tiga jam sudah bisa mengendalikan keadaan dan dapat mencegah kemungkinan yang terjadi.secara umum bisa saya sampaikan respon internasional sangat positif.

5. Pak Jokowi Pastikan Indonesia Memiliki Misil Tercanggih Di Dunia

Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 473 teah menerima persenjataan baru yang merupakan senjata penangkis serangan udara Oerlikon Skyshield MK-2 senjata super canggihyang diproduksi oleh rehenmetal Air Defence Swiss tersebut tiba di Pontianak lewat pelabuhan Dwikora usai dipesan oleh Presiden Jokowi.Senjata ini diklaim bahwa misil yang sangat canggih dan dikatakan sebagai tercanggih di dunia.Indonesia menjadi negara pertama yang membeli langsung dari pabrik Rheinmetal Air Defence Swiss.

Senjata penangkis serangan udara tercanggih dunia bisa efektif sejauh empat kilometer serta mampu menghancurkan serangan udara berupa pesawat jenis apapun.Selain itu senjata ini juga dapat menghancurkan rudal, roket dan mortir yang menyerang.

6. Hebatnya Pidato Jokowi Di Mata Dunia

PBB Tidak Berdaya ketika Pak Jokowi menyebut bahwa negara-negara kaya yang hanya sekitar 20 persen penduduk dunia mampu menghabiskan 70 persen sumber daya bumi sehingga ketidakadilan menjadi nyata. Orang-orang di belahan bumi sebelah utara menikmati hidup super kaya, sementara 1,2 miliar penduduk dunia di sebelah selatan tidak berdaya dan berpenghasilan kurang dari 2 dolar per hari, inilah yang disebut ketidakadilan yang nyata di depan mata.

Jokowi Mendukung Kemerdekaan Palestina; Dunia masih berutang kepada rakyat Palestina. Dunia pun tidak berdaya menyaksikan penderitaan rakyat Palestina yang hidup dalam ketakutan dan ketidakadilan akibat penjajahan yang berlangsung begitu lama. Bangsa-bangsa di Asia-Afrika tidak boleh berpaling dari penderitaan rakyat Palestina, kita harus terus berjuang bersama mereka. Kita harus mendukung lahirnya sebuah negara Palestina yang merdeka. Semangat ini sangat pas dengan UUD 1945 di mana kemerdekaan adalah hak setiap bangsa dan penjajahan harus dihapus dari permukaan bumi manapun.

Jokowi Mengecam Bank Dunia; Jokowi menyebut bahwa pandangan yang mengatakan bahwa persoalan ekonomi dunia hanya bisa diselesaikan oleh Bank Dunia, IMF dan ADB adalah pandangan yang usang yang perlu dibuang. Pengelolaan ekonomi dunia tidak bisa hanya diserahkan kepada ketiga lembaga keuangan internasional itu. Kita wajib membangun sebuah tatanan ekonomi baru yang terbuka bagi kekuatan-kekuatan ekonomi baru. Kita mendesak dilakukannya reformasi arsitektur keuangan global untuk hilangkan dominasi kelompok negara atas negara-negara lain.

7. Pak Jokowi Bersama Menteri Kelautan Susi Meneggelamkan Pencurian Ikan

Maraknya kasus pencurian ikan oleh kapal nelayan asing di perairan laut Indonesia membuat kesabaran pemerintah yang dipimpin Pak Jokowi agaknya habis.Setiap tahun Indonesia menderita kerugian sekitar Rp300 triliun akibat kasus pencurian oleh kapal asing. Jumlah itu sangat jauh dari pendapatan negara yang masuk dari sektor kelautan yang hanya Rp300 miliar per tahun.

Hitungan kerugian negara akibat 'illegal fishing' yang mencapai Rp300 triliun itu agaknya bukan sekedar isapan jempol, sebab menurut laporan tidak kurang dari 5.400 kapal asing beroperasi mencuri ikan di perairan laut Indoensia.Ditambah lagi kemaren ditemukannya kapal-kapal ilegal Batam, Parempa, Natuna Morotai, Sorong, Maluku dan Tarakan.

Karena itu sangat beralasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan agar Tentara Nasional Indonesia dan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti untuk langsung menenggelamkan kapal-kapal yang tertangkap melakukan pencurian ikan di laut Indonesia.

Tercatat 236 kapal asing jenis perahu/sampan berhasil diamankan dan ditenggelamkan. Susi menyebutkan kelompok ini sebagai manusia perahu. Jumlahnya mencapai 400 orang dan berasal dari Malaysia dan Filipina dan Vietnam.

8. Pak Jokowi Kritik Keras Malaysia

Adanya iklan yang dinilai merendahkan tenaga kerja Indonesia membuat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Kuala Lumpur, Malaysia, menunjuk kantor pengacara Shamsuddin & Co untuk menggugat perusahaan RoboVac,

Perusahaan yang mempromosikan alat bantu pekerjaan rumah tangga di Malaysia itu memuat tulisan "Fire Your Indonesian maid" atau “Pecat pelayan Indonesia Anda”. Iklan ini beredar di media sosial. Akhirnya, KBRI untuk Malaysia mengeluarkan protes atas iklan yang dianggap merendahkan martabat rakyat Indonesia tersebut.

Indonesia memprotes cara beriklan perusahaan robot pembersih RoboVac, yang sangat tidak sensitif dengan melecehkan rakyat Indonesia," tutur dia.Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Herman Prayitno, mengatakan KBRI melaporkan perusahaan RoboVac ke Polisi Diraja Malaysia, Selasa lalu. "

KBRI juga sudah mengirim staf untuk memeriksa perusahaan pembuat iklan itu. Menurut Herman, Indonesia juga mendesak pemerintah Malaysia agar melarang peredaran iklan itu, baik berupa banner di depan kantor RoboVac maupun pada website perusahaan itu.

Aksi protes juga telah disampaikan lewat pemanggilan pihak Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta, kemarin pagi, yang dihadiri oleh Wakil Duta Besar Malaysia Roseli Abdul.

9. Blomberg : Pak Jokowi Adalah Pengamat Canggih Peristiwa Internasional

Analisa mengejutkan diungkap oleh Bloomberg media bisnis asal AS, yang menyebutkan bahwa Presiden Joko “Jokowi” Widodo ternyata antitesis dari pemimpin Indonesia sebelumnya, bahkan hingga merujuk ke era orde baru.

Setelah beberapa bulan menjabat, Presiden Indonesia Joko Widodo diangap tidak ingin membuat semua orang senang, dalam artian dalam bisnis keuntungan yang dicari dalam deal per deal basis, bukan kesenangan satu pihak pada pihak lainnya. Oleh karena itulah term politik bebas aktif di era pendahulunya hingga pada Presiden Soeharto, kini digantikan lain, yakni “agresif profit”

Ini diperlihatkan Jokowi dalam diktumnya yang terkenal, “Untuk apa Indonesia mengikuti kegiatan pertemuan kepala negara jika berdiri paling pinggir, atau berposisi  di belakang barisan.”

Satu hal yang memberikan dirinya momentum pada saat Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika (22/04). Pria asal Solo yang masa kecilnya senang bermain di tepian kali dalam kemiskinan umumnya orang Indonesia ini, mengkritik PBB, Bank Dunia, dan Dana Moneter Internasional (IMF), seolah tercabut rasa takutnya pada blok blok besar politik dan ekonomi dunia tersebut.

Jokowi bahkan telah menekan tinta dalam meningkatkan anggaran pertahanan, menaikkan upah tentara, dan memastikan jajaran militer mengupgrade alutista, di mana sebelumnya dirinya melalui Menteri Pudjiastuti memerintahkan kapal asing yang disita karena kasus ikan ilegal untuk dihancurkan, dan yang paling ramai diberitakan media asing, Jokowi menolak memberikan grasi pada dua penyelundup narkoba Australia yang minggu ini siap di eksekusi, walaupun bisa merusak hubungan pertetanggaan dengan beberapa negara.
 

Source 
Title: 9 Sikap Pak Jokowi Membuat Dunia Beranggapan Indonesia Mulai Bangkit
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-08-19T06:00:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
9 Sikap Pak Jokowi Membuat Dunia Beranggapan Indonesia Mulai Bangkit

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 9 Sikap Pak Jokowi Membuat Dunia Beranggapan Indonesia Mulai Bangkit "

Post a Comment