Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense

Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense - Bagi pemula seperti saya yg baru mengenal AdSense mungkin belum mengetahui istilah2 yg sering
dipergunakan. Berhubung pepatah mengatakan “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, maka tidak ada
salahnya untuk mempelajari terlebih dahulu arti dari istilah2 tersebut sebelum mempelajari lebih
jauh mengenai AdSense. Sehingga saya mencari beberapa sumber untuk dibagikan kepada teman-teman dan menyimpan hal ini kedalam artikel yang akan saya buat.

Publisher
Publisher adalah orang atau pemilik situs yg sudah bergabung dengan Google AdSense dan memasang iklan AdSense di situs mereka.

Ad Units
Yg dimaksud dengan Ad Units ya iklan AdSense itu sendiri. Ad Units ini terdiri dari beberapa
jenis dan ukuran. Yg paling umum adalah jenis Text Ads (lihat gambar di bawah). Pada saat
pengunjung meng-klik unit iklan ini, maka, jika valid, publisher akan mendapatkan pemasukan
sesuai dengan nilai CPC-nya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh masing2 jenis dan ukuran
Ad Units di sini :
https://www.google.com/adsense/adformats


Dalam satu halaman, publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal tiga buah Ad Units.

Link Units
Link Units hampir sama dengan Ad Units, hanya saja formatnya mirip dengan format menu yg
biasa kita temui di situs2 web. Perhatikan gambar berikut:


Yg membedakan Link Units dengan Ad Units adalah pada saat pengunjung meng-klik iklan ini,
maka ia akan diarahkan pada halaman hasil pencarian di search engine Google. Publisher baru
akan mendapatkan pemasukan apabila pengunjung meng-klik salah satu Ad Unit yg ada di
halaman tersebut. Pada prakteknya, Link Units terbukti menghasilkan pemasukan lebih banyak
dibandingkan Ad Units biasa.

Dalam satu halaman situs, publisher diperbolehkan untuk memasang satu buah Link Units saja.

AdSense for Content
Yg dimaksud AdSense for Content adalah iklan AdSense yg dipasang di dalam suatu halaman.
Iklan2 yg muncul adalah iklan2 yg berhubungan dng isi halaman tersebut. Atau istilahnya menggunakan konsep contextual. Ad Units dan Link Units adalah yg termasuk dalam AdSense
for Content ini.

Alternate Ads
Pada AdSense for Content, iklan tidak selalu muncul. Sebabnya antara lain bisa karena memang
stok iklan yg berhubungan dengan isi situs sudah habis atau Google tidak dapat memperkirakan
apa isi situs itu sebenarnya. Jika ini terjadi, secara default, yg ditampilkan adalah iklan layanan
masyarakat atau sering dikenal dengan istilah PSA (Public Service Ads). Karena bertipe donasi,
maka jika di-klik, iklan ini tidak menghasilkan apa2 bagi publisher.

Untuk mengatasinya, Google memperbolehkan kita untuk memasang Alternate Ads atau iklan
alternatif. Jika Ad Units yg dibuat telah di-setting dengan menggunakan Alternate Ads, maka
apabila Ad Units tersebut tidak dapat tampil, yg muncul adalah iklan alternatif yg ter-setting didalamnya.

AdSense for Search
Selain memasang iklan, publisher AdSense juga dapat memasang form search box di situs mereka. Form ini dinamakan AdSense for Search. Apabila ada pengunjung yg melakukan pencarian dengan menggunakan form tersebut, maka ia akan dibawa menuju halaman hasil pencarian yg bersangkutan. Sama halnya dengan Link Units, publisher akan mendapat pemasukan apabila salah satu iklan yg ada di halaman tersebut di-klik.

Publisher diperbolehkan untuk memasang maksimal 2 buah form AdSense for Search dalam satu halaman. Selain itu publisher tidak diperbolehkan untuk memasang form pencarian dari pihak lain.

Referrals
Referrals adalah satu lagi sumber pendapatan publisher di dunia AdSense. Publisher dapat melakukan iklan referral, baik berupa banner maupun text, di situs mereka. Yg perlu diingat, iklan jenis ini bersifat CPA (Cost Per Action), dimana publisher baru akan dibayar apabila pengunjung yg meng-klik iklan tersebut telah melakukan tindakan tertentu.

Misalnya, pada iklan referral AdSense, pengunjung yg meng-klik iklan dan bergabung dengan Google AdSense baru akan menghasilkan pemasukan bagi publisher apabila pengunjung tersebut meraih $100 dalam jangka waktu 6 bulan (180 hari).
 Contoh tampilan iklan Referrals adalah sebagai berikut :
Saat ini ada 3 macam iklan referral, yaitu AdSense, AdWords, dan Firefox.

Channels
Channels adalah semacam label yg dapat diberikan pada Ad Units, Link Units, AdSense for
Search, dan Referrals. Satu unit iklan dapat memiliki lebih dari satu lebih, dan sebaliknya, satu
label dapat digunakan untuk lebih dari satu unit iklan. Di halaman laporan Google AdSense,
hasil laporan akan dikelompokkan berdasarkan Channels, sehingga penggunaan Channels akan
sangat memudahkan publisher untuk menganalisa perfomance AdSense mereka.

Umumnya, publisher akan memberikan nama Channels yg sama pada unit2 iklan yg ada di satu
situs. Jika mau lebih detail, sah2 saja untuk memberikan nama Channels yg berbeda untuk tiap2
unit iklan di tiap2 situs. Yg perlu diingat, maksimal jumlah Channels yg diperbolehkan saat ini
adalah 200 buah.

Page Impressions
Page Impressions adalah jumlah yg menunjukkan berapa kali halaman yg mengandung Ad
Units dibuka oleh pengunjung. Nilainya tidak terpengaruh oleh kuantitas Ad Units yg ada di
dalam halaman yg bersangkutan.

Clicks
Rasanya tidak perlu diterangkan panjang lebar. Clicks adalah jumlah klik pada Ad Units milik
publisher. Dalam halaman laporan AdSense, publisher dapat melihat total klik yg ia dapatkan,
maupun berdasarkan Ad Units maupun Channel-nya.

CTR (Clickthrough Rate)
CTR adalah perbandingan dalam persen antara jumlah klik yg diterima suatu Ad Units dengan
jumlah tampilan Ad Units tersebut. Misal, satu Ad Units yg ditampilkan 30 kali dan di-klik 10
kali memiliki nilai CTR 33% (10:30).

Berapa nilai CTR yg ideal? Hal ini sulit ditentukan karena terpengaruh oleh banyak faktor,seperti sumber datangnya pengunjung, jumlah pengunjung, dan sebagainya. Untuk situs yg padat pengunjung misalnya, nilai CTR antara 8 - 10% sudah termasuk ideal.

CPC (Cost Per Click)
CPC adalah jumlah uang yg akan didapatkan oleh publisher apabila Ad Units tertentu di klik.
Nilai CPC masing2 Ad Units berbeda dan ditentukan oleh banyak faktor, termasuk perfomance
publisher dan kualitas situs milik publisher. Namun secara umum, nilai maksimal yg mungkin
adalah 20% dari nilai bid dinamis yg ditawarkan pemasang iklan.

eCPM (Effective CPM)
eCPM atau CPM (Cost Per Million) adalah hasil pembagian antara jumlah pendapatan publisher
dengan jumlah page impression (per 1000) yg ia dapatkan dari iklan2nya. Sebagai contoh,
publisher yg menghasilkan $200 dari 50,000 impression akan memiliki nilai CPM sebesar $4
($200/50).

Nilai eCPM pada umumnya tidak begitu bermanfaat bagi publisher. Namun publisher dapat
secara garis besar melihat kesuksesan Channel / Ad Units-nya berdasarkan eCPM Channel
atau Ad Units tersebut.

Demikianlah  Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense yang saya ambil dari referensi www.rajaebookgratis.com

(SOURCE 1)
Title: Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-06-09T14:23:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Kamus Adsense Dan Perihal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Google Adsense "

Post a Comment