Belajar Seo Secara Bertahap Untuk Pemula

Belajar Seo Secara Bertahap Untuk Pemula - Dari awal saya kenal blog belajar seo adalah hal yang membuat pusing karena kita harus mengetahui kedalaman artikel dan niche blog kita alhasil karena bingung maka jadilah Leangle menjadi blog dengan niche campuran.Semua itu saya lakukan agar mudah mencari artikel dan memperluas tema yang akan saya tulis.

Secara sederhana SEO (Search Engine Optimization) dapat dikatakan teknik untuk mendapatkan ranking pertama di google sehingga menjadi pageone di mata Mesin Pencari (Search Engine).Semakin tinggi posisi ranking sebuah website atau blog akan Anda akan memiliki potensi besar untuk mendapatkan traffik pengunjung yang banyak pula.Traffik bisa menjadi harga jual yang sangat tinggi untuk membuat uang di dalam blog Anda (Make Money From Blogging).

Kali ini Leangle Blog's akan membahas tentang SEO (Search Engine Optimization) yang akan kita pelajari bersama meskipun saya menyadari bukan ahli SEO yang Insya Allah akan berbagi ilmu yang saya ketahui.

1. Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

Sebelum anda melanjutkan sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu  SEO (Search Engine Optimization). Sebagaimana sudah dikatakan diatas adalah Usaha atau segala upaya yang Anda lakukan untuk menghasilkan sebuah halaman website atau blog menjadi rangking pertama (Page One) di Mesin Pencari (Search Engine).

Tujuan utamanya adalah tidak lain untuk mencari traffik yang besar yang mana berpotensi nilai bisnis dan komersil yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang di dalam blog Anda.Namun disini masalah terbesarnya adalah kurangnya kesabaran karena tidak ingin melalui proses yang panjang adalah hal utama yang sudah lazim menjadi watak manusia yang ingin serba instan.

Jika Anda mempunyai watak seperti itu sebaiknya anda buang terlebih dahulu karena hal tersebut bisa membuat anda berjalan di tempat dan bahkan akan membuat Anda jatuh ke jurang yang paling dalam (blog Anda di hapus dari Google).Itu terjadi karena Anda melakukan hal yang dianggap tidak wajar sehingga berawal dari sandbox hingga hilang dari mata pencarian Google atau  Mesin Pencari (Search Engine).

 

2. Cara Kerja Search Engine 

Selanjutnya anda harus mempelajari cara kerja Search Engine yang harus anda ketahui sebelum anda terjun lebih dalam mengenai SEO.Anda harus menjalani proses seo yang utuh agar Anda tidak kecewa dengan hasil negeblog yang akan Anda jalani.Banyaknya persaingan dalam hal ini akan menjadi tantangan yang berat untuk Anda.

Cara kerja Search Engine menurut saya masih misteri dalam menentukan artikel mana yang menjadi page one dan dalam hal ini konten memang adalah raja namun bukan berarti semua tergantung dengan konten.Hanya saja artikel memang dominan, langkah kedua adalah menarik pengunjung blog menjadi visitor setia Anda yang akan sangat susah untuk kita dapatkan.Karena sejatinya manusia hanya butuh jika sesuatu yang dicari seperti informasi yang ingin mereka ketahui ingin mereka dapatkan namun setelah itu menghilang seperti ditelan bumi.

Sebagai bayangan dan memperdalam ilmu untuk menambah pengunjung blog Anda saya rekomendasikan untuk membaca artikel 11 Cara Mudah Meningkatkan Traffik Blog.Dalam cara kerja Search Engine Anda harus memiliki backlink untuk mempercepat blog Anda di Crawling oleh Google.Karena Google akan memberikan nilai plus bagi yang memiliki link keluar yang relevan yang merujuk ke Blog Anda, pastinya bukan spamming.

Ada 3 faktor penting signifikan yang penting untuk mendapatkan link keluar SEO website kita, yakni : 
  1. Anda pastikan relevan dengan website kita.
  2. Tidak boleh reciopral link yang dalam artian ada link Anda pada halaman yang web yang dituju.Karena akan dinggap tukaran link.
  3. Jangan terlalu banyak link keluar yang mana 1 atau 2 pun sudah cukup.Jika terlalu banyak dan tidak berimbang dengan konten Anda.Maka nilai plus Anda tidak berimbang dengan poin yang keluar.
Hal-hal seperti ini belum diketahui blogger dari Indonesia yang sebenarnya malah mencari backlink dari website lain menuju website pribadi mereka.Kita bisa lihat dengan website luar negeri yang dengan mudah memberikan dofollow link yang relevan dengan website mereka.

Terakhir dalam memahami SEO Anda harus berkenalan dengan 3 algoritma google yang sering menjadi bahan dalam dunia SEO.Anda harus mengetahui hal ini agar Anda terhindar dari ancaman penalty  atau bahkan yang terparah di tendang oleh Google.

Baca : 3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui

3. Membuat Blog Dengan Satu Niche Atau Campuran

Niche atau tema adalah sesuatu yang penting dalam membangun sebuah blog, ini bisa mengarahkan dalam hal SEO Anda agar lebih mudah di baca dan dicrawl oleh Google.Dengan pilihan satu niche blog Anda maka Google punk akan dengan mudah memahami blog yang Anda bangun dan market tujuan pengunjung Anda.

Didalam Niche seperti Kesehatan misalnya jika kita kaji lebih dalam, kesehatan memiliki niche yang masih banyak lagi seperti kesehatan gigi,  jantung, hati, pengobatan, tips kesehatan, konsultasi kesehatan dan lain-lain.Setiap niche memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dan Anda pastinya lebih memilih niche yang Anda sukai atau kuasai yang pastinya pilihan bijak dan tepat untuk memilih niche blog Anda.Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk memilih niche blog Anda, maka dari itu saya yang menyarankan Anda membaca artikel saya di bawah ini untuk kemudahan dan inspirasi dalam memilih niche untuk blog Anda.

Baca juga : Cara Memilih Niche Atau Tema Blog

4. Melakukan Riset Kata Kunci

Anda sudah mempelajari 3 hal diatas maka faktor penting dalam hal SEO adalah kata kunci (keyword) untuk blog Anda. Kata kunci adalah kata yang Anda masukkan kedalam template blog Anda dengan menanam ke Search Engine ketika mereka mencari sesuatu di google.

Dengan banyaknya pengguna internet sekarang maka jutaan persaingan akan Anda lewati dalam memasukkan kata kunci contoh teknologi.Pastinya bisa Anda bayangkan sekarang persaingan kata Teknologi itu sendiri apalagi dengan kata kunci yang pendek.Sangat saya sarankan coba Anda lirik kata kunci yang sedikit persaingannya.

2 hal umum yang berlaku pada kata kunci adalah 
  1. Semakin pendek maka semakin banyak pula persaingannya.
  2. Banyak saingan tidak menentukan nilai komersil kata kunci.Jadi berusahalah mencari kata kunci yang jarang dilirik oleh orang lain (persaingan rendah).
5. Optimasi SEO On Page dan SEO Off Page

Ada dual hal dalam melakukan SEO yaitu SEO On Page dan Off Page.Namun yang kita bahas kali ini adalah Seo Onpage yang pada dasarnya ini memang sebenarnya untuk level diatas pemula.Berikut ini yang harus Anda perhatikan dalam SEO OnPage yang kita bangun.

     A. Domain  

Nama domain disini adalah URL atau link blog Anda.Misalnya nama domain blog ini adalah   Leangle.Dalam ini sekarang kita tidak harus mentargetkan nama blog sesuai dengan niche bidik, meskipun hal itu merupakan nilai plus.seperti contoh kesehatan gigi sebenarnya tidak perlu kita beri nama tipskesehatangigi.com.Sebaiknya yang Anda lakukan adalah mencari nama blog yang mudah dihafal dan diingat dalam bahasa kerennya nama domain yang catchy.
      
     B. Nama Blog 

Dalam hal ini  hampir sama, nama blog bisa sama namun nama domain bisa juga berbeda dengan nama blog Anda.Dalam kacamata SEO Meta tag dalam blog memiliki peran penting.Sebaiknya Anda menciptakan nama blog sesuai dengan kata kunci yang Anda targetkan dan maksimal hanya 75 karakter usahakan untuk mempermudah di hafal dan diingat.

     C. Desain Dan Layout Blog 

Desain dan layout blog (blog theme) memiliki nilai cukup penting dalam kacamata SEO.Ini pun berlaku pada Anda yang tertarik pada Google Adsense sehingga tidak diperkenankan Anda mengubah tampilan template blog ketika mengajukan Adsense.Usahakan template blog Anda seo friendly dan mobile friendly.

     D. Gambar

Onpage SEO juga menghubungkan gambar dimana Anda akan mendapatkan nilai tersendiri dengan hasil pencarian gambar (image) di mesin pencari.Dengan memberikan atribut pada gambar maka peluang untuk mendapatkan visitor dari google tentunya akan lebih besar.Anda bisa lihat pada setiap posting blog ini yang selalu menampilkan gambar dengan mencantumkan atribut tulisan judul pada setiap gambar untuk memberikan peluang yang lebih besar.

    E. Atribut HTML

Atribut html ini terkait dengan heading pada penulisan artikel Anda untuk memprioritaskan kata kunci yang Anda targetkan dengan menambahkan struktur heading H-1, H-2, H-3 dan seterusnya.Tingkat kepentingan judul tentunya akan memberikan nilai tersendiri.
 
Untuk lebih lengkapnya bisa Anda baca :   

6. Backlink

Sebagai blogger kita tentunya ingin kualitas blog kita terlihat profesional dan dikenal orang salah satunya dengan cara menanamkan backlink di situs orang lain.Namun jika menanamkan backlink satu demi satu tentunya akan memakan waktu berhari-hari, bulan bahkan tahun agar mendapatkan ribuan backlink itupun belum tentu dapat diterima oleh pemilik situs anda menanam link.

Backlink adalah tautan atau link url Anda di website orang lain.Ini sangat penting untung membangun kredibilitas blog Anda.Blog dofollow dan forum dofollow merupakan cara terbaik mendapatkan atribut dofollow dan yang membantu Anda untuk meningkatkan backlink dan memberikan link cinta buat Anda. Link dengan blog PR tinggi atau forum yang baik untuk blog Anda untuk meningkatkan peringkat halaman Google Anda. Khususnya, jika Anda aktif dalam forum niche yang memungkinkan backlink dofollow, Anda tidak hanya akan mendapatkan link yang berkualitas ke situs Anda, tetapi Anda juga akan mendapatkan lalu lintas yang ditargetkan.

7. Penggunaan Tool Dalam SEO

Dalam dunia blogger Anda dimudahkan dengan adanya tool untuk membantu Anda memberikan data-data statistik ketika melakukan optimasi SEO.Banyak tersedia tool gratis seperti dari google sendiri google webmaster yang bisa Anda gunakan karena kebanyakan pemain Indonesia sangat menyukai yang berbau gratis termasuk saya pribadi.  

Note : Artikel ini diambil dari referensi trikmudahseo.blogspot.com dan blogguebo.com.

Apabila ada kesalahan, saran dan kritik yang membangun dipersilahkan hubungi di kontak.









 
Title: Belajar Seo Secara Bertahap Untuk Pemula
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-10-09T08:07:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
Belajar Seo Secara Bertahap Untuk Pemula

Subscribe to receive free email updates:

17 Responses to " Belajar Seo Secara Bertahap Untuk Pemula "

  1. Bagi pemula aja, belajar SEO itu harus bener2 dalem banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar sama2 pintar dan sama2 sukses yach.he..he...

      Delete
  2. Semua sudah kecuali backlink , mau beli tapi ahsudahlah biar ada murni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar aja bang kita bisa mulai dengan perlahan atau dari yang free dulu...

      Delete
  3. nice post
    Haibisnis.com TrikCerdas.com ViaSuara.com

    ReplyDelete
  4. Great!!
    makasih banget gan, ane izin bookmark dulu, mau baca" lagi.
    minta saran gan, saya sedang menghidupkan kembali blog lama.
    apakah postingan lama pada blog tersebut diperbaiki atau hapus saja?
    lalu pemilihan nama domain, untuk blog personal agak susah ya menentukan kata kunci, karena bahasnya campur" gitu. gimana ya? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih baik blog lamanya diperbaiki aja gan...terus pemilihan kata kunci sangat susah memang untuk blog personal maupun gado-gado seperti leangle ini...

      Delete
  5. Ulasan yang lengkap mas, sangat berguna nih buat yang nubie lagi belajar seo kayak saya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah saya sangat senang jika artikel saya dibaca dan sangat bermanfaat bagi orang sesuai dengan visi dan misi saya menulis...

      Delete
  6. Seperti kalimat pembuka di atas SEO bikin pusing buat newby kaya ane, yang akhirnya nulis nya sesuka hati saja tanpa melihat apakah sudah SEO atau belum dan yang terjadi visitor nya 50-100 per hari. Dan tidak dapat ranking. Tapi sukses ya buat blog leangle.net nya.

    ReplyDelete
  7. Kalau cuman omong doang sih semua orang juga bisa yang penting itu FAKTA.Kalau cuman bikin artikel SEO begini anak SD juga bisa.Apalagi setelah saya cek 99% artikel ini hasil COPAZ..hahaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan sudah di kasi note disitu jadi saya menghargai artikel orang...dan saya pun izin tidak seprti Anda yang hanya bisa menghina karya orang lain...Jadi terima kasih atas koreksinya dan ini lolos copyscape...

      Delete
  8. Wah banyak ilmu yg saya dapat, terima kasih atas info nya. Bagi pemula seperti saya ini banyak artikel ini banyak membantu.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah mas...kalau dapat membantu...

    ReplyDelete