3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui

3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui -   Mesin Pencari dan Algoritma Google dibuat untuk sebuah alasan sederhana yaitu sebagai mesin yang dapat membaca  bahwa dapat memberikan jawaban yang paling relevan dengan pertanyaan Anda dari jutaan bahkan triliunan website yang eksis di dunia maya.Sehingga algoritma google dirancang untuk mencapai 3 hal, yakni :
  1. Melepaskan halaman yang tidak relevan.
  2. Mengumpulkan halaman yang relevan
  3. Menata halaman yang relevan untuk disusun sehingga menemukan yang paling relevan.
Karena pada dasarnya belum ada faktor yang cukup memadai untuk mendapatkan tiga hal di atas maka mesin pencari menggunakan begitu banyak algoritma yang menghitung ribuan faktor.Rumus dari algoritma ini tidak pernah diketahui dan diumumkan oleh Google, namun dari beberapa percobaan para ahli dan pakar seo diluar sana menyimpulkan beberapa faktor umum, yakni :
  1. Kualitas link ; Jumlah, kualitas dan teks jangkar yang digunakan pada link masuk.
  2. Faktor on page : Title tag, meta tag, desain responsif, kecepatan muat halaman, struktur halaman, struktur kode yang digunakan dan lain-lain.
  3. Parameter Brand ; tingkat blog anda dikenal dan seringnya dikutip di dunia maya.
  4. Konten ; kualitas konten, frequensi update, jumlah kunjungan, dan jumlah bagikan di social media.
Satu hal yang harus Anda ketahui bahwa tidak ada yang baku dalam SEO (Search Engine Optimization) yang mana bisa berubah setiap saat atas keinginan google itu sendiri sebagai pemegang mutlak mesin pencari ini.Oleh karena itu ada yang disebut pelaku SEO yang selalu mengamati perubahan ini pada mesin pencari.

Perubahan yang sering terjadi dalam tiga tahun terakhir ini adalah pada 3 algoritma utamanya yaitu humming bird, penguin dan panda yang bersama-sama akan kita pelajari dalam artikel kali ini.

1. Hummingbird

Hummingbird adalah algoritma google yang sengaja dibuat untuk menambah faktor pentingnya pengggunaan perangkat mobile dalam pencarian.Dengan adanya hummingbird maka faktor responsive desain menjadi sangat penting untuk memastikan halaman website kita responsive untuk semua ukuran layar gadget.Jadi sekarang google tidak hanya memunculkan  hasil pencarian berdasarkan kata kunci yang kita masukkan tetapi juga akan mengenai kata kunci yang sangat kuat dengan kata kunci yang kita masukkan.

Google mencoba memahami kontekstual yang Anda masukkan kedalam mesin pencari sebagai sampel Anda memasukkan "tips fotografi" maka  google juga mencari hasil pencarian di keyword photogarafi, fotografer, kamera dan lain-lain.Sehingga sangat penting bagi Anda memasukkan artikel yang penuh dengan sinonim ataupun kata-kata lain yang sering dikutip di dalam topik tersebut agar anda mendapatkan peluang di pencarian yang bersifat kontekstual.

Kini era pencarian mengulang kata kunci dengan kaku dan berlebihan sudah harus anda coba lupakan karena bukan hanya tidak menguntungkan dari sisi SEO tetapi juga berpotensi membuat pembaca tidak nyaman membaca tulisan kita.Namun satu hal yang harus anda ketahui sebelum Anda naik ke algoritma hummingbird ini Anda harus lolos dari algoritma panda dan penguin.

2. Panda

Panda adalah algoritma yang bertugas membantu algoritma hummingbird dalam mensortir faktor one page dari suatu halaman website.Ada sebagian banyak orang yang dulunya mengandalkan halaman yang web yang spammy dan mengulang kata kunci yang kemudian kandas dan kesulitan dapat rangking di kata kunci yang persaingannya sangat tinggi.

Halaman spammy yang menumpuk justru malah menjadi bumerang jika persaingan sangat tinggi namun masih bisa berada dalam ranking 10 besar yang persaingannya rendah dan didominasi halaman spammy sendiri.

Jadi Panda merupakan semacam satpam yang menggu di pintu gerbang perumahan (disini mesin pencari) yang memastikan halaman website Anda tidak melanggar aturan google.Hanya halaman yang lolos dari panda ini saja yang bisa lanjut ke algoritma hummingbird  dalam penilaiannya.Dengan kata lain halaman yang tidak lolos dalam algoritma panda akan berdampak terkena penalty atau hukuman dari google panda.Anda tidak bisa keluar dari penalti anda sebelum penyelesaian permaslahan di onpage Anda.

Algoritma panda ini biasanya bermain untuk menentukan kapasitas sebuah website atau blog itu dapat dipercaya atau tidak.Algoritma ini menentukan penilaian dari beberapa hal berikut ini :
  1. Fresh sebuah halaman
  2. Apakah ada duplikat konten pada artikel Anda
  3. Apakah ada salah pengetikan
  4. Apakah ada info yang unik pada halaman tersebut.
  5. Apakah halaman bersifat spam dan penumpukan kata kunci
5 hal diatas tentunya bisa mempengaruhi halaman Anda dalam penilaian google panda wlaupun masih banyak faktor lain seperti otoritas Anda dalam penulisan, gaya bahasa namu hal ini sepertinya jarang di Indonesia.

3. Penguin

Algoritma penguin ini dibuat untuk mengantisipasi perkembangan teknik blackhat dari teknik link building.jadi jika panda bermain di on page maka algoritma penguin bermain di off page dan menelusuri kualitas dari backlink.

Untuk memastikan Anda aman dalam melakukan link building maka yang harus Anda lakukan dan perhatikan da;am melakukan link building.
  1. Apakah backlink yang Anda dapatkan berasal dari backlink yang berkualitas?bukan website yang baru dibangun yang hanya menjadi backlink buat web yang dioptimasi.
  2. Apakah backlink berasal dari halaman yang relevan?dimana link tersebut berasal dari niche yang sama dan membahas tentang topik yang sama atau minimal hampir sama pula.
  3. Apakah backlink juga berasal dari web yang juga mempunyai profil yang baik dan bagaimana profil backlink secara menyeluruh dari web kita sendiri.
  4. Apakah backlink yang beragam dalam segala hal khususnya teks jangkar yang memuat kata kunci?
4 hal ini harus menjadi perhatian utama Anda bagi yang ingin melakukan link building.Kenapa ini menjadi perhatian yang penting buat Anda?Karena sangat sulit untuk keluar dari algoritma penguin jika Anda sudah terjebak dan masuk kedalam algoritma ini.Anda harus membersihkan backlink dengan tepat dan efisien jika tidak jangan berharap anda keluar dari penalti.Saya sarankan lebih baik buat blog baru dengan email baru dan alamat serta nomor handpone baru agar selamat dari google penguin kedua kalinya dan usahakan jangan mengulanginya.

Jadi sampai akhir 2016 nanti pastikan Anda hindari hal-hal yang tergolong dalam kategori spam di ketiga algoritma google ini.

Catatan : Artikel ini saya kutip dari Source
Title: 3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui
Posted by: Andi Leangle
Published : 2016-10-03T08:49:00+07:00
Rating: 3.5
Reviewer: 5 Reviews
3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to " 3 Algoritma Google Yang Harus Anda Ketahui "

  1. seperti yang kita tau internet merupakan sumber informasi terbesar saat ini namun tak hanya itu saya internet juga bisa kita manfaatkan sebagai ladang untuk memperoleh penghasilan. Lantas bagai mana cara mendapatkan uang dari internet..? tentusaja banyak sekali berbagai cara yang bisa kita lakukan.. misalnya dengan membuat blog. lantas bagimana cara mendapatkan uang dari blog itu?

    banyak sekali tips supaya blog kita bisa menghasilkan uang diantaranya dengan menulis konten berkualitas tentang tutorial atau informasi yang bermanfaat seperti cara memutihkan gigi kuning, kemudian artikel tersebut kita optimasi agar mendapatkan banyak trafik. setelah memiliki bnyanyak trafik blog tersebut kita daftarkan google adsense,. Google adsense merupakan situs bisnis online tanpa modal yang banya diminati oleh para blogger di dunia.

    ReplyDelete